visitor

Selasa, 23 Februari 2016

servis rutin

4 LANGKAH SERVIS BULANAN (BISA DILAKUKAN SENDIRI)

Perawatan secara benar dan berkala pada sepeda motor, tidak hanya dapat berdampak terhadap performa motor yang makin josss. tapi juga bisa memperpanjang usia dari part sepeda motor kita. 

Secara keseluruhan, perawatan motor baik matic atau manual (bebek/laki) tidak jauh berbeda. Hanya saja pada beberapa bagian, memang ada perbedaan. antara kopling manual dan matik/metic/matic. 

Berikut ini 6 jurus atau tips yang dapat anda lakukan untuk motor sesayangan anda.

1. Bagi anda yang masih menggunakan sistem pengabutan BBM dengan karburator, ada baiknya periksa dan bersihkan karburator 2 bulan sekali. Atau setiap kali servis lebih baik dibersihkan. Bisa di lakukan sendiri dengan menyemprot karbu dengan cairan yang banyak di jual di pasar umum. dan harganya cukup murah kok. ada banyak pilihannya.

2. Tiap 10.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok. Biasanya kotoransering mengganjal di bagian ini. Apalagi jika motor sering melewati jalanan yang berdebu. 
ini bisa kita kerkan sendiri dengan cairan pembersih carbon yang ada di ruang bakar. banyak kok yang jual di pasaran.

3. Servis di bengkel resmi (hehe saya sendiri gak terlalu suka servis di BERES-bengkel resmi. kadang malah tidak beres). Selain sudah memiliki Standart Operasional Prosedur (SOP), mekanik di BERES-bengkel resmi sudah dilatih untuk menangani permasalahan-permasalahan motor dari pabrikan masing-masing, mulai dari masalah kecil sampai masalah yang lumayan kompleks.

4.  Pergantian oli mesin.lha ini hal yang sepele tapi sering lupa (kalo saya...heheheh) di usaha ini memiliki peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Ganti oli setiap 2.000 km atau 2 bulan sekali.

demikian hal-hal yang bisa mas Bro & mbak Bro sekalian dapat lakukan sendiri bila anda menyayangi motor anda.

Salam mak Woooorrrr Wooorrrr

0 komentar:

Posting Komentar